Apa Penyebab Anak Kucing Diare Dan Mencret

Mencret atau diare pada kucing sering kali menjadi permasalahan yang sering ditemukan oleh para pemilik kucing, baik untuk anak kucing maupun kucing yang sudah dewasa. Oleh karena itu kita perlu tau juga nih apa yang menyebabkan kucing diare atau mencret.

Subscribe chanel youtube nuansa kucing Klik : Nuansa Kucing

Follow Instagram Nuansa Kucing Klik : Nuansa Kucing

Penyebab Anak Kucing Mencret Dan Cara Mengatasinya
Penyebab Anak Kucing Mencret Dan Cara Mengatasinya

1. Makanan Bisa Merupakan Salah Satu Penyebab Kucing Mencret

– Perubahan makanan bisa menyebabkan kucing mencret loh. Karena mungkin sistem pencernaan kucing belum terbiasa dengan makanan barunya sehingga membuat kucing menjadi diare.

– Salah memberikan makanan. Nah ini juga bisa loh. Contoh anak kucing yang seharusnya diberikan makanan khusus anak kucing tapi malah diberikan makanan untuk kucing dewasa. Ini bisa menyebabkan mencret loh.. Kalo bisa anak kucing yang baru belajar makan, berikan makanan basah atau kalengan khusus anak kucing dan ini bisa kamu temukan di petshop dan tanyakan saja makanan untuk anak kucing yang masih baby usia 2bulanan baru belajar makan.

– Makanan tidak cocok dengan sistem pencernaan si kucing. Ada kucing yang memiliki sistem pencernaan yang sensitif sehingga membuat kucing mudah mencret. Nah cara mengatasinya memberikan makanan kucing khusus untuk kucing yang memiliki pencernaan sensitif. Ada yang berupa biskuit dan ada juga yang berupa wet food atau makanan basah yang di kemas di dalam kaleng.
Intinya makanan itu salah satu peran utama yang bisa menyebabkan kucing mencret juga. Jadi coba diperhatikan yah makanan untuk kucing kesayangan kamu.

2. Penyebab Kucing Mencret Bisa Karena bakteri atau virus

Bakteri ini biasanya berasal dari makanan atau minuman yang kotor dan sudah terkontiminasi bakteri. Contoh makanan dari sampah, makanan basah atau daging yang sudah terlalu lama di biarkan diluar dan menjadi kurang sehat. Karena makanan basah sebaiknya di tempatkan di kulkas.

Minuman juga yang terkontiminasi seperti air comberan yang kotor itu berbahay dan menyebabkan kucing diare.
Virus Yang Menyerang Kucing

Ada juga kucing yang terkena virus yang sehingga membuat anti bodi si kucing menurun dan menyebabkan kucing diare. Lalu kalau virus ini bagaimana mencegahnya? Disini lah peran penting vaksin pada kucing. Kucing yang sudah di vaksin tentu akan memiliki anti body atau daya tahan tubuh yang lebih kuat. Jadi untuk mencegah hal ini kamu lebih baik berikan vaksin untuk kucing kamu. Vaksin bisa di lakukan dokter hewan. Dan usia berapa kucing bisa di vaksin? Kucing bisa di vaksin pada usia 2,5 bulanan.

3. Kucing Stress Juga Menyebabkan Kucing Menjadi Mencret Dan Diare.

Jika si kucing stress ini juga bisa menyebabkan kucing kamu bisa mencret loh.
Lalu pengobatan untuk kucing mencret bagaimana?

Jika kamu memperhatikan kucing kamu dengan baik, pada saat hari pertama dia mencret atau diare kamu bisa coba untuk puasakan dia selama 12 jam. berikan saja air putih mateng. kemudian jika sudah 12 jam cobalah berikan makanan basah kalengan atau wet food yang khusus untuk kucing diare. Biasanya dijual di petshop yang ada klinik hewannya. Nama makannya prespection diet id.
Nah itu dia sedikit infornasi mengenai kucing mencret atau diare. Semoga bisa membantu yah guys..

2 Comments Add yours

  1. Felice says:

    Hallo kak , sy mw tny, biAsa kitten sy mkn merk PP dn tdk ad masalah, trs sy coba ks dia makanan basah dn terlihat lahap sekali. Pas pub lembek dan basah ,dan bawu nya sangat parah. Jd apa yg hrs sy lakukan. Sy sedang puasa kan dia skr, kasian bgt drtd endus2 nyari mkn. Sy kwatir nti pub ny begitu lg kl sy ks mkn spt biasa.yg sy lakuin apkh ud bener? Ato ks dy mkn spt biasa krn penyebab ny pst krn mknan basah. ? Oya, knp ya, pasir gumpal ny td lengket kaya lem di kaki dan di anus…. terpaksa td sy bersihin dia di toilet sampe pake shampoo cat ny dia.

    1. nuansakucing says:

      hallo kak, coba bantu sedikit yah. kalo memang habis ganti makanan basah dia pupnya lembek bisa jadi dia tidak cocok dengan makanan tersebut. kalo sudah dipuasakan dan mau makan, berikan makan keringnya(makanan asalnya sebelum di ganti). kalo misalnya pupnya lembek harusnya jangan dimandiin sih, katanya bisa memicu setress jadi gmau makan dan katanya buat kucing jadi tambah lembek pupnya. itu juga saran dari vet yg biasa aku kunjungi kak.
      kalo pasir menempel di bulunya mungkin di akibatkan karena pupnya cair dan menempel di bulunya, kemudian pasirnya menempel di bulu si kucing. coba kalo abs puasa masih pupnya lembek atau cair coba bawa ke vet kak mencegah dehidrasi takutnya malah jadi parah diarenya membuat kucing drop. Kalo kita biasanya di saranin sama vet dikasih makanan basah untuk kucing diare kak pertolongan pertamanya :D.
      Semoga membantu.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.